Senin, 21 November 2011

Jay Chou - Bicara Tentang Mantan Kekasih di Lagu Baru
Image
ASIANplus edisi 451 - BINTANG MUSIK

     Album terbaru Jay Chou, Exclamation Mark, belum resmi dirilis namun sudah menyedot perhatian banyak orang dengan MV-nya yang menggunakan CD (Computer Graphic). Kini dia kembali membuat semua orang bertanya-tanya tentang siapa sosok mantan kekasih yang ditulisnya dalam lagu barunya.
 


Tari Payung di MV Baru
Image     Setelah MV CG untuk lagu rock Exclamation Mark dari album barunya berhasil mendapatkan perhatian semua orang, Jay Chou kembali menghadirkan permainan pianonya yang lembut dalam MV untuk lagu terbarunya, Mine Mine, yang diungkap 30 Oktober lalu. Tak hanya itu, dia juga menari dengan gaya romantis.Gerakannya di depan kamera terlihat sangat rapi, namun Jay selalu menginginkan yang terbaik. Dia sampai mengulangi tarian itu hingga 190 kali agar sempurna. Lagu barunya tersebut merupakan nomor R&B dengan gaya khas Jay, sementara liriknya menggambarkan perasaan kekasih setelah putus hubungan. Karena lirik ini ditulis sendiri oleh Jay, orang-orang jadi penasaran untuk mengetahui siapa “mantan” yang digambarkannya di lagu ini. Di MV-nya dia memamerkan permainan pianonya yang memukau. Karena gaya pianonya unik, sulit untuk mendapatkan tenaga yang pas.

     Karena sudah pernah beberapa kali menjalani adegan dengan kawat baja, maka Jay mampu melakukan adegannya dengan mulus. Dia hanya butuh waktu dua jam untuk digantung dengan kawat baja dan menghasilkan gambar bagus. Karena liriknya berbicara tentang putus hubungan dan memegangi payung, Jay meminta koreografernya, Ice Cream, untuk menciptakan "umbrella dance", sebuah gaya dance ala Los Angeles yang menggunakan payung. Kabarnya, tarian ini mirip dengan tariannya saat menyanyikan lagu Give Me the Time of a Song (Gei Wo Yi Shou Ge De Shi Jian) bersama Jolin Tsai di konser The Era di Taipei Arena tahun lalu. Jay yang selalu mengharapkan kualitas terbaik, berkata, “Meski banyak orang sudah pernah menari dengan payung sebelumnya, namun tarian kami memiliki gaya berbeda.” Dia juga bercanda, “Para penari ini biasanya tidak membawa senjata (payung). Saat mereka memegang payung, mereka langsung merasa sangat tak nyaman!”
Curahan Hati Pada Sang Mantan
   
  Jay menulis sendiri melodi dan lirik dari lagu Mine Mine. Dalam liriknya digambarkan bagaimana seorang pria yang meski sudah berpisah dengan kekasihnya namun masih saja membelikannya tiket dan memegangkan payung untuk wanita itu. Liriknya memiliki kalimat yang puitis seperti “Kamu bilang kita sudah berakhir, tapi mengapa saya masih membantumu memegangi payung”, menggambarkan perasaan terhadap mantan kekasih. Bagian lain berbunyi, “Saat telingaku gatal, itu artinya kamu membicarakanku di belakangku. Saya rasa saya tak seburuk itu. Kamu tak perlu mengatakannya pada teman-temanmu. Bukankah mereka akan merasa canggung bila kita bersama kembali di masa mendatang.” Bait ini mengungkapkan keinginannya untuk kembali bersama dengan gadis yang ada dalam lagunya.Bagian pertama dari chorusnya berbunyi, “Karena sayang kamu adalah milikku.” Mine Mine memiliki pelafalan yang sama dengan kata slang Taiwan "ma ma" yang berarti "jangan". Sementara itu, chorus bagian keduanya berganti dengan bahasa Taiwan “Janganlah kamu pergi diam-diam”.
  
   Dengan bahasa China, Taiwan, dan Inggris, Jay makin dekat dengan slang modern yang digunakan anak muda. Jay memiliki kebiasaan untuk menyampaikan pikiran dan perasaannya lewat lagu-lagunya. Sebelumnya, lagu Unworthy (Wo Bu Pei) digosipkan ditulis untuk Patty Hou. Tapi, Jay menolak untuk mengakuinya. Lirik lagu Rainbow dan Rewind – sebuah lagu yang dia tulis untuk Jolin – juga ditulis dengan gaya seakan kedua lagu itu saling berkaitan satu sama lain.Gosip mengenai rujuknya Jay dan Jolin mulai muncul setelah pertunjukan itu. Karenanya, banyak yang menduga lagu Mine Mine dipersembahkan untuk Jolin. Tapi, liriknya yang berbunyi “Kami masih memarkir mobilmu di garis merah, saya akan membayar dendanya untukmu” terdengar seakan mengatakan bahwa gadis dalam lagu itu adalah Jessie Chiang yang pernah digosipkan dengannya. Itu karena Jolin dan Patty memiliki garasi pribadi, sementara Jessie tidak.Jay mencoba menyangkal semua gosip itu. “Lagu ini ditulis untuk anak muda zaman sekarang. Kalian jangan mengartikannya berlebihan,” tandasnya. Kabar lain menyebutkan bahwa kekasih Jay saat ini, Hannah Quinlivan, terlihat di JVR Music, perusahaan rekaman Jay, 30 Oktober lalu. Media kemudian berspekulasi Hannah dikasting sebagai bintang utama wanita dalam MV barunya. Mengenai hal itu JVR berkomentar, “MV Jay Chou masih dalam tahap pembuatan. Kalian tunggu saja.”

Tanggapi Tuduhan Penjiplakan
Image     Setelah judul lagu Wa Kao dianggap netter kurang sopan (baca A+ edisi 449), dan akhirnya diubah menjadi Jing Tan Hao (Exclamation Mark), lagu baru Jay tersebut kini kembali menjadi target dari netter yang mengklaim bahwa lagunya itu jiplakan dari lagu Omen milik band Inggris The Prodigy. Netter mengatakan chorus dan aransemen gitarnya sangat mirip. Chorusnya yang diulang-ulang dan bergaya retro dianggap mirip dengan melodi lagu L.A.BOYZ yang populer di tahun 90-an, Jump. Semua ini dirasa seakan Jay sedang memberi penghormatannya pada musisi yang diidolakannya.“Tak ada kata menjiplak dalam kamusku karena kreativitasku tak terbatas. Kali ini saya menulis begitu banyak lagu hingga tak bisa kumuat semuanya dalam album. Karena itu saya hanya memilih 11 lagu. Netter yang menuduhku menjiplak, saya katakan pada kalian, saya bisa menciptakan melodi diao hanya dengan lututku, jadi mengapa saya harus mendengarkan lagu orang lain? Maaf, saya sudah membuat kecewa para netter yang ingin bermain-main denganku! Hahaha!” tegas Jay menanggapi tuduhan plagiat itu.Ini bukan pertama kalinya Jay dituduh menjiplak. Filmnya, Secret, yang disutradarai dan dibintanginya tahun 2007 lalu, juga dituduh menggunakan adegan yang mirip dengan film Harry Potter. Sementara lagu Cowboy on the Run (Niu Zai Hen Mang) dituduh menjiplak melodi dari lagu di film KUSO Little Red Riding Hood. Lalu, lagunya yang lain yang berjudul Long Time No See (Hao Jiu Bu Jian) dituding telah mengkopi artis China yang merilis Super Mario tahun lalu. Saat itu Jay berkomentar, “Saya memiliki fobia akan penjiplakan. Saya tak pernah menggunakan apapun yang terdengar mirip.”

Tampil Bersama Eason Chan di Ajang Amal
     Lelang amal 2011 Gary Player Charity Golf Invitational digelar di Shanghai dengan dukungan dari Coca-Cola, Gary Player Foundation, dan China Foundation for Prevention of STD and AIDS. Jay dan Eason Chan menghadiri acara itu untuk memberikan dukungannya. Mereka juga berkolaborasi membawakan lagu Eliminated di bagian akhir acara. Dalam konferensi pers sebelum makan malam, mereka mengatakan kesediaannya untuk melakukan pekerjaan amal seperti ini yang membantu para anak yang mengidap AIDS.

Pesan Gedung Bioskop Untuk Hannah Quinlivan
Image     Hubungan Jay dengan model Hannah Quinlivan mulai terkuak setelah keduanya terlihat berkeliling Eropa dan Jepang bersama-sama. Jay yang perhatian bahkan menyuruh teman-temannya untuk menjemput dan mengantarkan Hannah pulang serta membawakan kopornya. Baru-baru ini dikabarkan Jay telah memesan keseluruhan gedung bioskop untuk Hannah. Semua itu agar dia bisa memiliki waktu pribadi bersama model cantik itu. Jay meminta bantuan temannya untuk memesannya, menghabiskan NT$ 20.000 (Rp 6 juta) untuk memesan bioskop dengan 70 kursi itu. Sekitar tengah malam, Jay dan Hannah terlihat memasuki bioskop bergantian dengan lindungan teman-teman mereka. “Bila saya menikah, saya akan bersikap terbuka. Tapi, sebelum menikah, saya ingin menyimpan hubungan asmaraku untuk diriku sendiri,” jelas Jay dalam sebuah wawancara belum lama ini. Dia juga mengungkapkan kriteria untuk calon istrinya. “Dia harus mengidolakanku, namun tidak membabi-buta. Dia juga harus low-profile seperti saya, memahami dan memberiku masukan bersifat membangun terhadap musikku,” ungkap Jay. Kabarnya, mantan kekasih Jay, Jolin Tsai, juga terlihat di bioskop yang sama setengah jam sebelum Jay tiba. Secara kebetulan, Jolin juga menonton film yang sama dengan Jay, Hannah, dan teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar